Wednesday, January 31, 2007

Warning: Aspartame !

Mungkin sudah ada yang tahu sebelumnya, but, hey, it's worth to warn twice...

Ada berita sedikit buruk untuk para penggemar atau pemakai pemanis buatan atau artificial sweetener dan segala macam bentuk turunannya, eg. susu rendah kalori, permen rendah kalori, hampir semua panganan diet, dsb. Semua bahan makanan diatas mengandung suatu jenis bahan kimia bernama Aspartame yang biasa digunakan sebagai pemberi rasa manis buatan. Aspartame diresmikan sebagai bahan tambahan pangan pada tahun 1981 oleh FDA [Food and Drugs Administration] Amerika Serikat. Beberapa produk terkemuka yang mengandung Aspartame antara lain Ricola dan Fisherman's Friend juga pada minuman ringan seperti Diet Coke.

Namun, menurut sebuah penelitian Aspartame merupakan sebuah zat yang sangat berbahaya. Diduga keras bahwa Aspartame merupakan salah satu penyebab utama kecanduan makanan Penggunaan Aspartame dalam jumlah banyak atau tidak terkontrol
dapat menyebabkan serangan jantung bahkan kematian. Beberapa penyakit seperti Multiple Sclerosis, epilepsi, Parkinson, Alzheimer, keterbelakangan mental, cacat lahir, bahkan diabetes, dapat disebabkan atau diperparah dengan penggunaan Aspartame yang tidak terkontrol. Adapun beberapa gejala-gejala lain yang menunjukkan berlebihannya penggunaan Aspartame, antara lain, migrain, mual, kesulitan pernapasan, keringat dingin, vertigo, dan sebagainya.

Aspartame sendiri, sebagai sebuah zat, merupakan zat [atau senyawa? Ooh my high school years.. ] yang dapat mengurai menjadi beberapa zat lain. Aspartame mengandung Phenylalanine yang jika berlebih akan menumpuk pada darah dan dapat menyebabkan emotional disorder seperti depresi atau bahkan memicu tindakan yang mengarah kepada kekerasan! Phenylalanine dapat juga memicu Schizophrenia, Lupus, dan rasa gelisah yang berlebihan.

Aspartame juga mengandung senyawa [ah dats the way it named! Duh! ] Methanol yang merupakan turunan dari Alkohol. Methanol pada suhu tinggi dapat mengurai menjadi Formaldehyde atau juga dikenal sebagai Formalin [and we all familiar with this term, right? ] yang merupakan jenis racun berbahaya yang menyerang syaraf. Metabolisme tubuh dengan Aspartame juga dapat menghasilkan senyawa baru disebut Diketopiperazine [DKP] yang dalam jumlah besar dapat mengakibatkan tumor otak.

Sepertinya semua bahaya yang diakibatkan oleh Aspartame berpengaruh pada otak dan syaraf. Namun, penelitian yang saya baca merupakan hasil penelitian pada tahun 1996 [11 tahun yang lalu] sehingga, mungkin pada saat ini penggunaan Aspartame sudah dikurangi atau ditiadakan sama sekali. Tapi ada baiknya juga kita melakukan tindakan preventif dengan membaca Ingredients dan Nutrition Facts yang ada pada balik kemasan makanan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home